Selasa, 07 April 2009

KRIPTOGRAFI CAESAR





Salah satu kriptografi yang paling tua dan paling sederhana adalah kriptogtafi Caesar. Menurut sejarah, ini adalah cara Julius Caesar mengirimkan surat cinta kepada kekasihnya Cleopatra. Dalam kriptografi Caesar, maka setiap huruf akan dituliskan dalam huruf lain hasil pergeseran 3 buah huruf. Kriptografi Caesar ini adalah kriptografi substitusi karena setiap huruf akan digantikan huruf lain.

Sebagai contoh, huruf A akan digeser 3 huruf menjadi huruf D, B akan digeser 3 huruf menjadi E, J akan digeser menjadi M, O akan menjadi R dan seterusnya. Pergeseran ini juga berputar kembali ke awal abjad sehingga sesudah huruf Z diikuti kembali oleh huruf A. Kriptografi Caesar ini dikenal sebagai monoalphabetic substitution cipher karena satu huruf tertentu pasti akan berubah menjadi huruf tertentu yang lain.
Perubahan pada kriptografi Caesar bisa dituliskan sebagai berikut:

Jika Caesar akan menuliskan kalimat ‘I LOVE YOU’ maka akan dituliskan dalam kalimat ‘L ORYH BRX.
Jika kita memberi nomor ke pada huruf-huruf abjad dan kita mulai dengan huruf A=0, B=1, C=2 dstnya sampai dengan Z=25, maka kriptografi Caesar memenuhi rumus sebagai berikut :

C = (P + 3) mod 26, di mana C adalah nomor abjad ciphertext, P adalah nomor abjad plaintext . Dan dekripsinya adalah P = (C – 3) mod 26.

Kripotogtafi Caesar ini kemudian berkembang di mana pergeseran tidak hanya 3 huruf tetapi ditentukan oleh suatu kunci yang adalah suatu huruf. Huruf ini yang menentukan pergeseran dari huruf pada plaintext. Jika kunci adalah A maka pergeseran adalah 0, B pergeseran adalah 1, C 2 dan seterusnya. Rumus di atas tetap berlaku tetapi pergeseran huruf ditentukan oleh nilai pergeseran k (lihat tabel 1) dan bisa berubah- ubah sesuai kunci yang digunakan.

Tabel pergeseran huruf pada kriptografi Caesar

Rumus kriptografi Caesar, secara umum bisa dituliskan sebagai berikut: C=E(P)= (P+k)mod26P=D(C)= (C-k)mod26 di manaPadalah plaintext,Cadalah ciphertext,kadalah pergeseran huruf sesuai dengan kunci yang dikehendaki. Dibawah ini adalah tampilan implementasi kriptografi Caesar dalam Visual Basic.Net. Masukkan kalimat yang ingin dienkripsi, dan masukkan kunci yang dikehendaki, misalnya kalimat: INI PESAN RAHASIA dengan kunci L. Klik tombol Encipher dan lihat ciphertext yang muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar